Penulisan dan Penamaan Bulan serta Kaitannya dengan Pertanian

Istilah Penamaan Bulan dan Kaitan-nya Dengan Zodiak

Penamaan bulan berdasarkan unsur zodiak ditentukan secara umum melalui bujur lintang dari bintang-nya. Tanda zodiak yang dimaksudkan disini adalah tanda yang jika dihitung berdasarkan titik matahari selama sebulan dan garis bujur ekliptik dari titik masuk tersebut. Bulan 1 ditulis dengan huruf 正月 ( zhēngyuè ) atau secara harfiah berarti bulan pertama. Semua bulan lainnya secara harfiah diberi nomor, bulan kedua, bulan ketiga, bulan keempat dan seterusnya.



Penamaan Bulan Kelahiran Dengan Rasi Bintang

Berikut ini merupakan tabel yang berisi penamaan bulan berdasarkan rasi bintang yang terkait dengan bulan tersebut, atau biasa disebut sebagai zodiak.


Penamaan Bulan Kelahiran dengan Rasi Bintang
Bulan Ke-
Huruf Mandarin
Cara baca
Sudut Bintang
Zodiak
11
十一月
shíyīyuè
270 °
Capricorn
12
十二月
shí'èryuè
300 °
Aquarius
1
正月
zhēngyuè
330 °
Pisces
2
二月
Èryuè
0 °
Aries
3
三月
sānyuè
30 °
Taurus
4
四月
Sìyuè
60 °
Gemini
5
五月
wǔyuè
90 °
Cancer
6
六月
Liùyuè
120 °
Leo
7
七月
Qīyuè
150 °
Virgo
8
八月
bāyuè
180 °
Libra
9
九月
jiǔyuè
210 °
Scorpius
10
十月
shíyuè
240 °
Sagittarius


Bulan Kembar atau 闰月 rùn yuè

Kalender lunar China dan Kalender Gregorian sering disinkronkan setiap 19 tahun sekali atau biasa dikenal juga dengan sebutan Siklus Metonik. Kebanyakan orang Tionghoa melihat bahwa ulang tahun China dan Barat mereka jatuh pada hari yang sama, yaitu pada ulang tahun ke 19, ke 38 dan seterusnya. Tapi, perlu diketahui bahwa siklus 19-tahun dengan bulan-bulan tertentu hanya berupa perkiraan saja, sehingga terdapat pola yang hampir sama dari tiap bulan di siklus tersebut, yang pada akhirnya akan berubah setelah kelipatan 19 tahun.


Posisi pada tahun itu dikenal dengan sebutan lompatan China atau intercalary, yaitu dimana bulan akan ditambahkan secara bervariasi dari tahun ke tahun. Pada tahun 2012 ditambahkan setelah bulan ke-empat dan pada tahun 2014 setelah bulan ke-sembilan.


Bulan yang ditambahkan ini dibuat setelah bulan normal berikut-nya, biasanya akan dilakukan dengan penambahan kabisat 闰 rùn bulan. Jadi urutan pada tahun 2012 adalah 四月 sì yuè diikuti oleh 四 闰月 sì rùn yuè.


Tambahan bulan kabisat dalam kalender China terjadi setiap 32 bulan atau 33 bulan sekali. Atau bisa dibilang setiap 2 atau 3 tahun terdapat tahun yang memiliki 13 bulan. Penambahan bulan tambahan ini memberikan panjang tahun yang bervariasi diantara 353 hingga 385 hari.



Penulisan hari dalam bulan lunar atau bulan dalam kalender China

Penulisan hari untuk bulan lunar atau bulan dalam kalender China, tentu saja dimulai dari kisaran angka 1 sampai 9. Penulisan ini dimulai dengan menggunakan awalan karakter 初 chū untuk awal bulan. Para ahli menggunakan tiga jenis karakter untuk penulisan tanggal, antara tanggal 21 hingga 29 (二十一 èrshíyī , dan seterusnya), namun karena hal tersebut dianggap terlalu panjang, maka dibuatlah karakter khusus untuk angka dua puluh, yaitu 廿 niàn. Hingga saat ini angka ini sering digunakan dalam penanggalan hari kalender china. Selain angka dua puluh tersebut ada pula angka 31 yang kadang-kadang diwakili oleh tiga puluh atau 卅 sà. Pengubahan ini memberikan kemudahan untuk menuliskan dua karakter secara lebih mudah.



Penulisan Bulan dan Keterkaitan Artinya

Penulisan bulan juga berpengaruh arti tertentu. Bulan pertama yang atau biasa disebut ( 正 zhēng ), sedangkan untuk mempertahankan format dua karakter yang sama dengan hari, maka bulan ke-11 kadang-kadang disebut 冬 dōng yang memiliki makna dingin dan bulan ke-12 kadang disebut 腊 là atau memiliki makna bahwa daging kering yang mencerminkan kurang-nya daging segar pada bulan Januari.



Hubungan Antara Dua Belas Bulan Dengan Pertanian

12 bulan berhubungan erat dengan pertanian, hal ini dapat dilihat dengan nama yang diberikan untuk ke dua belas bulan tersebut yang menyerupai nama tanaman, misalnya:


Penamaan Dua Belas Bulan dengan Nama Bunga
Nama Inggris
Menunjuk Ke
Penulisan Mandarin
Cara Baca
Istilah Bunga
Primens
bulan pertama
正月
zhēngyuè
Istilah "Latin" dari primus mensis
Apricomens
bulan ke-dua
杏月
xìngyuè
bunga aprikot
Peacimens
bulan ke-tiga
桃月
táoyuè
bunga persik
Plumens
bulan ke-empat
梅月
méiyuè
bunga prem prem
Guavamens
bulan ke-lima
榴月
liúyuè
bunga delima
Lotumens
bulan ke-enam
荷月
héyuè
bunga teratai
Orchimens
bulan ke-tujuh
蘭月
lányuè
bunga anggrek
Osmanthumens
bulan ke-delapan
桂月
guìyuè
osmanthus
Chrysanthemens
bulan ke-sembilan
菊月
júyuè
bunga krisan
Benimens
bulan ke-sepuluh
良月
liángyuè
bunga liang
Hiemens
bulan ke-sebelas
冬月
dōngyuè
bulan hiemal
Lamens
bulan ke-duabelas
臘月
làyuè
bulan la