Mengekspresikan Jarak atau Terpisah dengan 离 (lí)

Menyatakan Jarak Terpisah Dengan 离 (lí)

Salah satu cara untuk menyatakan jarak terpisah adalah dengan menggunakan kata 离 (lí). Lalu bagaimana cara menggunakan kata 离 (lí) ini ?



Rumus Penggunaan Kata 离 (lí)

Untuk menggunakan kata 离 (lí) dalam kalimat, kalian dapat memperhatikan pola rumus di bawah ini.


Rumus:
Lokasi / Tempat 1 + 离 (lí) + Lokasi / Tempat 2 + Kata Keterangan + 近 ( jìn ) / 远 ( yuǎn )

Jika kita hanya ingin berbicara tentang jarak yang lebih spesifik. kita dapat secara umum menggunakan kata 离 (lí) secara berpasangan dengan kata 近 (jìn) yang artinya dekat atau 远 (yuǎn) yang artinya jauh.


Bentuk di atas secara umum digunakan untuk memperlihatkan bahwa Jarak tempat 1 dekat atau TIDAK Dekat dari tempat 2.



Contoh Penggunaan Kata 离 (lí)

我 家 离 学校 很 近。
我 家 離 學校 很 近。
wǒ jiā lí xuéxiào hěn jìn.
Jarak rumah(saya) dengan sekolah dekat.



印尼 离 中国 很 远。
印尼 離 中國 很 遠。
yìnní lí zhōngguó hěn yuǎn.
Jarak (negara)Indonesia dengan Cina jauh.



那 个 餐馆 离 这儿 太 远 了, 我不 想 去。
那 個 餐館 離 這兒 太 遠 了, 我不 想 去。
nàge cānguǎn lí zhèr tài yuǎn le, wǒ bù xiǎng qù.
Jarak rumah makan itu dengan disini terlalu jauh, saya tidak ingin pergi.



Budi 的 家 离 我 的 家 很 近, 每天 我 走过。
Budi 的 家 離 我 的 家 很 近, 每天 我 走過。
Budi de jiā lí wǒ de jiā hěn jìn, měitiān wǒ zǒuguò.
Jarak rumah Budi dengan rumah saya sangat dekat, setiap hari saya melewatinya.



叔叔 的 家 离 我的 家 很近。
叔叔 的 家 離 我的 家 很近。
shūshu de jiā lí wǒ de jiā hěnjìn
Jarak rumah paman dengan rumah saya sangat dekat.

Post a Comment for "Mengekspresikan Jarak atau Terpisah dengan 离 (lí)"