Kata-Kata Kerja Yang Memiliki Pengertian Memberikan Dalam Bahasa Mandarin

Materi belajar kali ini, kita akan belajar tentang kata yang menyatakan memberikan.


Secara umum dalam bahasa mandarin kita mengenal tiga kata yang memiliki arti memberikan, yaitu kata 給 gěi, 跟 gēn, dan 向 xiàng.


Disini kita akan belajar tentang penggunaan dan perbedaan kata 給 gěi, 跟 gēn, dan 向 xiàng ini.



Kata 給 gěi

Kata 給 gěi memiliki pengertian memberi kepada dan bisa juga memberi untuk.


Contoh kalimat penggunaan kata 給 gěi

妈妈 给 我 买 一个 书包
媽媽 給 我 買 一個 書包
māma gěi wǒ mǎi yīgè shūbāo
Ibu membelikan saya sebuah tas


妈妈 给了 我 五块 钱 做 零花
媽媽 給了 我 五塊 錢 做 零花
māma gěile wǒ wǔkuài qián zuò línghuā.
Ibu sudah memberikan saya uang 5 Dollar(RMB) sebagai uang saku


我 给 他 复了 三 封信
我 給 他 複了 三 封信
wǒ gěi tā fùle sān fēngxìn
Saya memberikan balasan kepada dia(laki-laki) tiga lembar surat


我 要 给 他 点儿 厉害。
我 要 給 他 點兒 厲害。
wǒ yào gěi tā diǎn'r lìhai.
Saya akan mengajari dia (laki-laki)


对不起, 给 你 添 麻烦 了。
對不起, 給 你 添 麻煩 了。
duìbuqǐ, gěi nǐ tiān máfan le.
Maaf, sudah memberikan kamu banyak masalah.



Kata 跟 gēn

Kata 跟 gēn memiki pengertian (menerima) dari.


Contoh kalimat penggunaan kata 跟 gēn

我 跟 他 复了 三 封信
我 跟 他 複了 三 封信
wǒ gēn tā fùle sān fēngxìn
Saya menerima dari dia(laki-laki) tiga lembar surat.


我 跟 他 借 一百 块 钱 了
我 跟 他 借 一百 塊 錢 了
wǒ gēn tā jiè yībǎi kuài qián le
Saya sudah meminjam dari dia(laki-laki) seratus dollar (RMB)


我 跟 他 吵了 一天
我 跟 他 吵了 一天
wǒ gēn tā chǎo le yī jià.
Saya sudah bertengkar(menerima pertengkaran) dengan dia sehari.


我 跟 她 收到了 巧克力
我 跟 她 收到了 巧克力
wǒ gēn tā shōudàole qiǎokèlì
Saya sudah menerima coklat dari dia (perempuan)


他 跟 我 准了备 食物
他 跟 我 准了備 食物
tā gēn wǒ zhǔnlebèi shíwù
Saya sudah menyiapkan makanan untuk dia(laki-laki)



Kata 向 xiàng

Kata 向 xiàng memiki pengertian memberi (dari) atau memberi(kepada).


Contoh kalimat penggunaan kata 向 xiàng

我 向 她 的 礼物
我 向 她 的 禮物
wǒ xiàng tā de lǐwù
Saya memberi (kepada) dia hadiah (hadiah saya untuk dia)


我 向 他 借了 一个 铅笔
我 向 他 借了 一個 鉛筆
wǒ xiàng tā jièle yīgè qiānbǐ
Saya sudah meminjamkan pinsil dari dia(laki-laki)


我 向 他 六 块 钱
我 向 他 六 塊 錢
wǒ xiàng tā liù kuài qián
Saya sudah memberikan (kepada) dia(laki-laki) enam dollar (RMB)


我 向 他 了 十几个 水果
我 向 他 了 十幾個 水果
wǒ xiàng tā le shíjīgè shuǐ guǒ
Saya sudah memberikan selusin buah-buahan kepada dia(laki-laki)


我 向 她 做了 一百 个 花梗
我 向 她 做了 一百 個 花梗
wǒ xiàng tā zuòle yībǎi gè huāgěng
Saya sudah membuatkan kepada dia seratus tangkai bunga