Mengenal Partikel Penanda Subjek Pada Kalimat Pasif Bahasa Mandarin

Saya rasa sudah banyak dari kita yang mengetahui apa itu kalimat pasif. Tentu saja kalimat pasif juga sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Apa itu kalimat Pasif ?

Kalimat pasif adalah kalimat yang memperlihatkan kata kerja yang menerima saja tidak melakukan aksi. Kalimat pasif juga sering disebut sebagai kalimat dimana subjeknya merupakan tujuan dari perbuatan dalam predikat verbalnya.


Ya ... kali ini kita akan belajar tentang bentuk kalimat pasif pada bahasa mandarin.


Secara umum ciri utama dari kalimat pasif pada bahasa Indonesia adalah adanya kata di di depan atau sebelum kata kerja.


Contoh bentuk kalimat pasif adalah seperti di bawah ini.
我 被 他 打
wǒ bèi tā dǎ
Saya dipukul oleh dia.


Disini kata dia (他/tā) adalah subjek yang melakukan aksi dan saya adalah objek yang terkena aksi.


Jika kita mengubah pola kalimat di atas menjadi kalimat aktif maka dapat kita tuluskan menjadi
他 打 我
tā dǎ wǒ
Dia memukul saya


Dalam bahasa mandarin pola kalimat pasif mengikuti rumus dasar di bawah ini


Objek + 被 bèi/叫 jiào/让 ràng + Subjek+ kata kerja


Perbedaan Penggunaan Kata 被 bèi, 叫 jiào, dan 让 ràng Pada Pola Kalimat Pasif Bahasa Mandarin

Di materi belajar kita kali ini, kita akan belajar tentang bagaimana perbedaan dan penggunaan kata 被 bèi, 叫 jiào, dan 让 ràng untuk membentuk pola kalimat pasif bahasa Mandarin.



Kata 被 bèi

Kata 被 bèi adalah kata yang paling sering digunakan dalam membuat kalimat pasif. Secara umum memang kata 被 bèi sangat identik dengan kalimat pasif. Kata 被 bèi diterjemahkan menjadi di....oleh.....


Rumus
Objek + 被 bèi + Subjek + Kata Kerja

Contoh

我 被 妈妈 骂 了
我 被 媽媽 罵 了
wǒ bèi māma mà le
Saya sudah dimarahi oleh Ibu


我 被 妈妈 买 一件 衣服
我 被 媽媽 買 一件 衣服
wǒ bèi māma mǎi yījiàn yī fú
Saya dibelikan sebuah baju oleh Ibu


这个 信 被 老师 撕烂 了
這個 信 被 老師 撕爛 了
zhègè xìn bèi lǎoshī sīlàn le
Surat itu dirobek oleh guru


我 的 礼物 被 弟弟 开 了
我 的 禮物 被 弟弟 開 了
wǒ de lǐwù bèi dìdi kāi le
Hadiah saya dibuka oleh adik(laki-laki) saya


我 被 他 奚落 了
我 被 他 奚落 了
wǒ bèi tā xīlà le
Saya diejek oleh dia(laki-laki)



Kata 叫 jiào

Kata 叫 jiào digunakan sebagai bentuk kalimat pasif yang pengertiannya dipanggil...., sebagai.... atau sebutan lain....


Rumus
Objek + 叫 jiào + Subjek

我 叫 Ali
wǒ jiào Ali
Saya dipanggil Ali (nama saya Ali)


Ali 叫 老师
Ali jiào lǎoshī
Ali sebagai guru


PBB 叫 Perserikatan Bangsa Bangsa
PBB jiào Perserikatan Bangsa Bangsa
PBB disebut Perserikatan Bangsa Bangsa


印尼 叫 印度尼西亚
印尼 叫 印度尼西亞
yìnní jiào yìndùníxīyà
印尼 disebut 印度尼西亞


这个 照相机 叫 CANON
這個 照相機 叫 CANON
zhègè zhàoxiāngjī jiào CANON
Kamera ini disebut Canon



Kata 让 ràng

Kata 让 ràng merupakan bentuk kalimat pasif yang pengertiannya disebabkan......


Rumus
Obejek + 让 ràng + Subjek + Kata kerja

我 的 课本 让 白蚁 坏 了
我 的 課本 讓 白蟻 壞 了
wǒ de kèběn ràng báiyǐ huài le
Buku cetak saya sudah dirusak(disebabkan menjadi rusak) oleh rayap


那个 水果 让 虫子 洞 了
那個 水果 讓 蟲子 洞 了
nàgè shuǐguǒ ràng chóngzǐ dòng le
Buah itu sudah dilubangkan(disebabkan menjadi lubang) oleh cacing.


我 的 面包 让 爸爸 吃 完 了
我 的 麵包 讓 爸爸 吃 完 了
wǒ de miànbāo ràng bàba chī wán le
Roti saya sudah dimakan habis oleh Ayah


我 的 游戏 让 弟弟 借 了
我 的 遊戲 讓 弟弟 借 了
wǒ de yóuxì ràng dìdi jiè le
Game saya dipinjam oleh adik(laki-laki)


这件事 让 妈妈 知道 了
這件事 讓 媽媽 知道 了
zhèjiànshì ràng māma zhīdào le
Masalah ini sudah diketahui oleh Ibu