Menggunakan Kata 跟 gēn Untuk Menghubungkan Lebih Dari Satu Subjek Dengan Satu Kata Kerja

Pernahkah kalian menggunakan atau membuat sebuah kalimat yang menyebutkan dua subjek yang melakukan satu aksi yang sama.


Pola kalimat ini sebenarnya cukup sering kita gunakan. Misalnya pada kata saya dan ibu sama-sama membuat kue.


Kata dan pada contoh di atas merupakan jenis kata sambung yang menghubungkan antara dua subjek yaitu subjek saya dan subjek Ibu.


Materi belajar kali ini, kita akan melihat bagaimana penggunaan kata 跟 gēn untuk menghubungkan dua atau lebih subjek yang berbeda dan melakukan aksi yang sama.


Kata 跟 gēn sering di artikan sebagai dengan atau dan.

* Catatan
Kalian TIDAK dapat menggunakan kata 跟 gēn secara berturut-turut untuk menyebutkan subjek yang lebih dari dua.

Sebagai contoh tentang penggunaan kata 跟 gēn yang salah, seperti kita TIDAK dapat menuliskan


我 跟 弟弟 跟 妹妹
wǒ gēn dìdi gēn mèimei
Saya dan Adik(laki-laki) dan Adik(perempuan)


Contoh penulisan di atas ini adalah penulisan yang salah. Yang benar adalah seperti di bawah ini


我,弟弟 跟 妹妹
wǒ, dìdi, gēn mèimei
Saya, adik(laki-laki) dan adik(perempuan)


Supaya lebih mudah untuk dipahami perhatikan contoh kalimat-kalimat yang saya sediakan di bawah ini


我 跟 妹妹 一起 回家
wǒ gēn mèimei yīqǐ huí jiā
Saya dan Adik(perempuan) sama-sama pulang ke rumah


我 跟 他 不 爱 来往
我 跟 他 不 愛 來往
wǒ gēn tā bù ài láiwǎng.
Saya dan dia(laki-laki) tidak suka memiliki perjanjian(hubungan)


她 跟 谁 结婚 了?
她 跟 誰 結婚 了?
tā gēn shuí jiéhūn le?
Dia sudah menikah dengan siapa ?


你 跟 他 好好儿 说, 别 生气。
你 跟 他 好好兒 說, 別 生氣。
nǐ gēn tā hǎohāor shuō, bié shēngqì.
Kamu dan dia(laki-laki) bicaralah baik-baik, jangan bertengkar.


我 跟 他 一起 走。
我 跟 他 一起 走。
wǒ gēn tā yīqǐ zǒu.
Saya dan dia(laki-laki) jalan bersama.