Mengenal Penggunaan Kata 还有 háiyǒu

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan perbedaan penggunaan 还 hái dan 还有 háiyǒu.


Kata 还 hái dan kata 还有 háiyǒu hampir mirip. Disini kita akan menjelaskan perbedaan 还有 háiyǒu dan 还 hái.


Kata 还有 háiyǒu adalah sebuah frasa yang diletakkan di depan sebuah kalimat atau klausa dan berfungsi sebagai informasi tambahan. Kata 还有 háiyǒu memiliki pengertian dan juga, selain itu.


Penggunaan kata 还 hái sudah saya jelaskan pada materi sebelumnya. Disini kita akan melihat perbedaan antara 还 hái dan 还有 háiyǒu, dan juga contoh-contoh kalimat menggunakan kata 还有 háiyǒu.



Perbedaan 还 hái dan 还有 háiyǒu

Kata 还 hái dan 还有 háiyǒu pada dasarnya sama-sama digunakan untuk menghubungkan kata benda. Perbedaan yang jelas pada penggunaan 还 hái dan 还有 háiyǒu adalah pada jumlah kata bendanya.


Kata 还 hái merupakan kata sambung yang digunakan untuk menghubungkan dua frasa atau kata benda, sedangkan kata 还有 háiyǒu digunakan untuk menghubungkan tiga frasa kata benda atau lebih.


Selain itu kata 还有 háiyǒu juga digunakan untuk menyatakan informasi tambahan, seperti kata masih ada, dan juga, selain itu..


Contoh penggunaan kata 还 hái sudah dijelaskan pada materi Mengenal Penggunaan Kata 还 hái Kalimat Bahasa Mandarin.



Contoh penggunaan kata 还有 háiyǒu

Berikut ini adalah contoh kalimat penggunaan kata 还有 háiyǒu.


我,爸爸,还有 妈妈 去 新加坡
我,爸爸,還有 媽媽 去 新加坡
wǒ, bàba, háiyǒu mām qù xīn jiā pō
Saya, ayah, dan juga ibu pergi ke singapura.


除去 你 和 我 还有 其他 三 个 人
除去 你 和 我 還有 其他 三 個 人
chúqù nǐ hé wǒ háiyǒu qítā sān gè rén
Diantara kamu dan saya, selain itu yang lain tiga orang


A: 昨天 我 买了 新 衣服,今天 我 买了 新 书包,明天 我 要 买 新 鞋子。
A: 昨天 我 買了 新 衣服,今天 我 買了 新 書包,明天 我 要 買 新 鞋子。
A: zuótiān wǒ mǎile xīn yīfú, jīntiān wǒ mǎile xīn shūbāo, míngtiān wǒ yào mǎi xīn xiézǐ
A: Kemarin saya sudah membeli baju baru, ini hari saya sudah membeli tas baru, besok saya mau membeli sepatu baru.

B: 你 还有 什么 要 说的 吗 ?
B: 你 還有 什麽 要 說的 嗎 ?
B: nǐ háiyǒu shénme yào shuōde má ?
B: Apakah masih ada yang ingin kamu katakan ?


妹妹 可以 唱歌,跳舞,还有 弹钢琴
妹妹 可以 唱歌,跳舞,還有 彈鋼琴
mèimei kěyǐ chànggē, tiàowǔ, háiyǒu dàngāngqín
Adik perempuan bernyanyi, menari, selain itu bermain piano.


我 看过了 狸猫,龙猫 和 三色猫。 我 不知道 还有 那么 多 猫。
我 看過了 狸貓,龍貓 和 三色貓。 我 不知道 還有 那麽 多 貓。
wǒ kànguòle límāo, lóngmāo hé sānsèmāo. wǒ bùzhīdào háiyǒu nàme duō māo
Saya sudah melihat kucing macan tutul, kucing totoro dan kucing belacu. Saya tidak tahu masih ada begitu banyak kucing.