Mengenal Penggunaan Kata Kerja Dapat Yang Memperlihatkan Perubahan dari Waktu Ke Waktu

Secara umum kata 会 huì 能 néng,dan 可以 kěyǐ termasuk dalam kata kerja modal yang memperlihatkan kemampuan atau kesanggupan. Kata-kata kerja 会 huì, 能 néng,dan 可以 kěyǐ dapat digunakan bersamaan dengan kata 越來越 yuèláiyuè.


Disini kita akan belajar cara menggunakan kata kerja modal 会 huì, 能 néng,dan 可以 kěyǐ bersama dengan kata 越來越 yuèláiyuè untuk menyatakan perubahan kemampuan yang terjadi dari waktu ke waktu.



Rumus penggunaan kata 会 huì, 能 néng,dan 可以 kěyǐ bersama kata 越來越 yuèláiyuè untuk menyatakan perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Berikut ini adalah rumus atau pola penulisan cara menyatakan perubahan pada kemampuan yang terjadi dari waktu ke waktu. Jika diterjemahkan maka kurang lebih artinya adalah semakin lama semakin bisa atau semakin lama semakin mahir atau semakin lama semakin pandai.


越來越 yuèláiyuè + (会 huì/ 能 néng/ 可以 kěyǐ)


Contoh kalimat penggunaan kata 会 huì, 能 néng,dan 可以 kěyǐ bersama kata 越來越 yuèláiyuè untuk menyatakan perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu

Berikut ini adalah contoh-contoh kalimat penggunaan kata 会 huì, 能 néng,dan 可以 kěyǐ bersama kata 越來越 yuèláiyuè untuk menyatakan perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.


Untuk perbedaan penggunaan 会 huì, 能 néng,dan 可以 kěyǐ dapat kalian temukan pada materi saya sebelumnya. Silahkan mencari pada menu materi.

弟弟 越来越 会 做 饼干
弟弟 越來越 會 做 餅幹
dìdi yuèláiyuè huì zuò bǐnggān
Adik laki-laki(saya) semakin lama semakin pandai membuat kue.


姐姐 越来越 能 说 中文
姐姐 越來越 能 說 中文
jiějie yuèláiyuè néng shuō zhōngwén
Kakak perempuan(saya) semakin lama semakin bisa berbicara bahasa mandarin.


妈妈 越来越 能 开玩笑
媽媽 越來越 能 開玩笑
māma yuèláiyuè néng kāiwánxiào
Ibu semakin lama semakin bisa bercanda.


我 越来越 会 做 菜
我 越來越 會 做 菜
wǒ yuèláiyuè huì zuò cài
Saya semakin lama semakin bisa membuat makanan.


我 越来越 可以 自己 学 钢琴
我 越來越 可以 自己 學 鋼琴
wǒ yuèláiyuè kěyǐ zìjǐ xué gāngqín
Saya makin lama semakin bisa belajar sendiri bermain piano.