Menggunakan Kata 可以 kěyǐ Untuk Memberi Izin atau Persetujuan

Selain kata 可以 kěyǐ yang digunakan untuk menyatakan kemampuan atau kesanggupan. Kata 可以 kěyǐ juga memiliki kegunaan yang lainnya.


Disini kita akan belajar kegunaan lain dari kata 可以 kěyǐ ini,tepatnya yaitu untuk memberikan izin atau persetujuan.


Secara umum kata 可以 kěyǐ sering digunakan juga untuk menyatakan pemberian izin untuk melakukan suatu aksi atau kata kerja.


Sama seperti yang telah dijelaskan sebelum-sebelumnya, bentuk negatif dari kata 可以 kěyǐ adalah 不可以 bùkěyǐ.


Berikut ini adalah contoh penggunaan kata 可以 kěyǐ untuk memberikan izin atau persetujuan.


我 可以 进去 吗 ?
我 可以 進去 嗎 ?
wǒ kěyǐ jìnqù má ?
Apakah saya bisa masuk ?


妈妈 说 我 可以 去 打篮球 如果 我 的 功课 做完了
媽媽 說 我 可以 去 打籃球 如果 我 的 功課 做完了
māma shuō wǒ kěyǐ qù dǎlánqiú rúguǒ wǒ de gōngkè zuòwánle
Ibu berkata saya bisa pergi bermain basket, jika PR saya sudah saya selesaikan.


爸爸 说 我 可以 开车 如果 十七岁 了
爸爸 說 我 可以 開車 如果 十七歲 了
bàba shuō wǒ kěyǐ kāichē rúguǒ shíqīsuì le
Ayah berkata saya bisa berkendara, jika sudah berumur tujuh belas tahun.


我 还是 十三 岁,还 不可以 喝 酒
我 還是 十三 歲,还 不可以 喝 酒
wǒ háishì shísān suì, hái bùkěyǐ hē jiǔ
Saya masih berumur tiga belas tahun, masih tidak boleh meminum Bir


老师 说 不可以 进去 教室 如果 没 做 作业。
老師 說 不可以 進去 教室 如果 沒 做 作業。
lǎoshī shuō bùkěyǐ jìnqù jiàoshì rúguǒ méi zuò zuòyè
Guru berkata tidak bisa masuk ke dalam kelas jika tidak menyelesaikan PR.